Search

Lebih Penting Mana, Tidur Cukup, Olahraga, atau Makan? - ayobandung.com

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Tidur yang cukup merupakan salah satu syarat menjaga kesehatan. Bahkan, praktisi tidur dr Andreas Prasadja, RSPGT, mengatakan, tidur yang cukup lebih penting daripada makan, dan merupakan kebutuhan dasar sebelum nutrisi dan olahraga.

Mengapa dokter menyebutkan seperti itu? Menurut dr Ade, sapaannya, menjelaskan, bahwa satu-satunya yang bisa meningkatkan konsentrasi, daya ingat, kreativitas, dan kemampuan mengambil keputusan hanyalah tidur. Tidak ada aktivitas lain, kata dia.

AYO BACA : Ini Alasan Tak Boleh Minum Teh Hijau Sebelum Tidur

"Mindset orang kita, kalau mau sehat mesti olahraga, mesti jaga makan. (Padahal) tidurnya yang lebih harus diperhatikan. Ini malah dikurang-kurangin, piye to? Saya prihatin gym (buka) 24 jam, akhirnya terlalu banyak olahraga, malah kena serangan jantung dan meninggal," katanya, dikutip dari Suara.com, Rabu (4/3/2020).

Dia menyebut, pada saat tidur terjadi proses-proses restorasi. Anggapan bahwa saat tidur otak kita tidak aktif justru salah karena saat tidur otak kita 70% lebih aktif dibanding saat terjaga.

AYO BACA : Tubuh Tersentak Tiba-tiba Saat Mulai Tidur, Berbahayakah?

"Cuma kita ditutup, nih, sensornya sama dunia luar. Jadi sisa bakaran dari otak yang kerja seharian dibuang dikeluarkan saat tidur, kalau enggak tidur, dia numpuk di otak dan jadinya racun," kata Ade.

Kemudian, saat tidur terjadi perbaikan saraf dan peningkatan skill. Misalnya kita sedang mempelajari sesuatu, saat tidur kemampuan kita akan dipoles dan terjadi proses konsolidasi memori. Hal tersebut semuanya terjadi hanya saat tidur. Itu sebabnya tidak ada aktivitas lain yang dapat menggantikan manfaat tidur.

Kurang tidur juga tidak akan bisa dikompensasi dengan tidur siang karena siklusnya berbeda. Meski tidur siang itu sehat, namun kebutuhannya juga berbeda di tiap kelompok usia.

Pada tidur malam, proses tidur ringan-sedang-dalam-mimpi akan terpenuhi setelah 120 menit. Sementara saat siang, proses itu terjadi sekitar 15-20 menit. Pada kelompok usia dewasa muda, tidur siang dibutuhkan lebih dari 20 menit agar kembali bangun dengan segar.

"Enggak cuma olahraga dan makan, tidur pun harus dijadikan salah satu healthy lifestyle," ujar dr Ade.

AYO BACA : King Kobra 3 Meter Ditemukan di Bawah Tempat Tidur Warga di Purwakarta

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
March 05, 2020 at 12:04PM
https://ift.tt/32XijvR

Lebih Penting Mana, Tidur Cukup, Olahraga, atau Makan? - ayobandung.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lebih Penting Mana, Tidur Cukup, Olahraga, atau Makan? - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.