Search

Merasa Pusing setelah Makan? Ketahui Beberapa Penyebabnya - Suara.com

Suara.com - Meski sangat jarang, beberapa orang mungkin pernah mengalami pusing setelah makan. Beberapa kondisi medis dan sensitivitas makanan dapat memicu pusing setelah makan. Dokter terkadang menyebut pusing setelah makan sebagai vertigo postprandial.

Dilansir dari Medical News Today, berikut 4 faktor yang dapat menyebabkan pusing setelah makan dan menjelaskan cara mencegahnya.

1. Gula darah rendah
Ketika gula darah turun setelah makan dan menyebabkan pusing setelah makan, dokter menyebutnya hipoglikemia reaktif . Penderita diabetes atau prediabetes dapat mengalami penurunan glukosa darah setelah makan karena tubuh mereka memproduksi terlalu banyak insulin .

Namun, orang tanpa diabetes bisa mendapatkan jenis hipoglikemia. Misalnya, orang yang telah menjalani operasi perut mungkin mencerna makanan terlalu cepat, sehingga membuat tubuh lebih sulit untuk menyerap glukosa dari mereka. Kekurangan enzim pencernaan tertentu yang langka juga dapat menurunkan glukosa darah.

Makan porsi lebih sedikit, lebih sering makan dengan kadar gula lebih rendah juga dapat membantu orang yang mengalami pusing setelah makan karena gula darah rendah .

Sakit Kepala, Migrain, Pusing. (Shutterstock)
Sakit Kepala, Migrain, Pusing. (Shutterstock)

2. Tekanan darah rendah
Terkadang, tekanan darah seseorang turun tiba-tiba setelah makan. Dokter menyebutnya hipotensi postprandial .

Orang dengan tekanan darah tinggi lebih mungkin untuk mengembangkan gejala ini karena tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pengerasan dan penyumbatan di arteri. Perubahan-perubahan ini membuat darah lebih sulit mengalir ke otak ketika itu juga mengalir ke sistem pencernaan. Berkurangnya aliran darah ke otak dapat menyebabkan pusing.

3. Sensitivitas makanan
Sensitivitas makanan dapat menyebabkan beberapa orang merasa pusing atau mual. Obat-obatan dan bahan kimia tertentu, termasuk kafein dan alkohol, juga dapat menyebabkan pusing setelah makan.

Orang-orang yang sering mengalami pusing setelah makan mungkin ingin mempertimbangkan untuk mencatat makanan apa yag membuat mereka pusing.

Seiring waktu, mungkin menjadi jelas bahwa makanan tertentu atau kelompok makanan menyebabkan pusing.

4. Berdiri setelah duduk
Beberapa orang mengalami penurunan tekanan darah secara tiba-tiba ketika mereka berdiri. Ketika ini terjadi, masalahnya bukan pada makanan itu sendiri, tetapi perubahan mendadak dari posisi duduk ke posisi berdiri.

Hipotensi ortostatik adalah istilah medis untuk penurunan tekanan darah yang terjadi ketika seseorang bergerak dari duduk ke berdiri, tetapi kebanyakan orang menyebutnya sebagai demam kepala.

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
March 19, 2020 at 09:19AM
https://ift.tt/397zKLT

Merasa Pusing setelah Makan? Ketahui Beberapa Penyebabnya - Suara.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Merasa Pusing setelah Makan? Ketahui Beberapa Penyebabnya - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.