Search

PANDUAN POLA MAKAN YANG BAIK UNTUK LANSIA - Berita Terbit

beritaterbit.com – Lanjut usia atau disebut juga penuaan merupakan prose salami yang terjadi pada semua manusia. Banyak orang yang menikmati masa tua dengan bahagia, namun tidak sedikit juga orang yang mengalami sakit tanpa mengalami masa tua yang bahagia. Jenis penyakit yang rentan terjadi pada lansia seperti penurunan penglihatan, osteoporosis, penurunan ketajaman pendengaran, berkurangnya kemampuan mengingat, dan nyeri sendi. Salah satu penyebab lansia rentan terhadap penyakit tersebut adalah pemenuhan gizi yang tidak baik. Faktor kesehatan yang berperan dalam masalah gizi adalah naiknya insidensi penyakit degeneratif dan nondegeneratif yang berakibat pada perubahan asupan.

Memperhatikan asupan nutrisi seimbang adalah bagian penting untuk kita menjaga kesehatan lansia (orang lanjut usia). Hal ini tidak hanya membantu lansia mengontrol berat badan dan mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan, sedangkan panduan pola makan sehat untuk lansia dapat menurunkan resiko berbagai komplikasi penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Cara mengatur panduan pola makan yang baik untuk lansia seperti :
Pertama, Fokus pada asupan gizi yang seimbang. Mengonsumsi makanan yang kaya gizi dan nutrisi akan membantu lansia mendapatkan vitamin, mineral, protein, karbohidrat, serta lemak yang mereka butuhkan.

Kedua, Mengatur porsi makan. Lansia biasanya tidak tau mengendalikan porsi makan, maka dari itu menyebabkan kenaikan berat badan yang drastis. Itu sebabnya penting bagi para lansia memperhatikan porsi makannya tiap hari. Porsi makan lansia sebaiknya diatur merata dalam 1 hari hingga mereka jadi makan lebih sering dengan porsi yang kecil.dianjurkan bagi lansia untuk makan besar sebanyak 3x denagan makanan selingan sebanyak 2x sehari. Bila lansia mengalami kesulitan mengunya makanan karena mereka sudah tidak mempunyai atau gigi palsu mereka yang sudah tidak bekerja dengan baik. maka makanan yang di berikan harus lunak atau di cincang dulu.

Ketiga, Batasi gula, garam dan lemak. Sangat penting bagi kita membatasi gula,garam, dan lemak untuk menjaga kesehatan lansia mengingat sistem pencernaan mereka tidak bisa bekerja semaksimal saat masi mudah dulu.apabila tidak di batasi maka lansia akan beresiko lebih tinggi mengalami hipertensi, kolestrol tinggi, stroke, penyakit jantung dan diabetes.

Keempat, Konsumsi kalsium. Kalsium berpenran penting untuk menjaga kesehatan dan tulang. sayangnya penyerapan kalsium untuk tulang akan semakin berkurang seiring bertambanya usia. Kebutuhan kalsium lansia dalam sehari adalah 1.000 mg, kalsium tersebut bisa di dapatkan dari berbagai makanan seperti susu, keju,yogurt, kacang almond,sayuran hijau seperti bayam,kangkung dan brokoli serta ikan (sarden,ikan teri dan salmon)
Kelima, penuhi kebutuhan cairan.

Selain berbagai hal yang sudah di sebutkan di atas, asupan pola makan lansia yang tidak kala penting adalah cairan. untuk memenuhi kebutuhan cairan lansia jangan di hitung dari banyaknya minum air putih saja. tetapi juga mengkonsumsi makanan yang berkuah seperti sup atau buah dan sayuran yang banyak mengandung air.

Dengan demikian paduan pola makan yang baik untuk lansia dapat membantu lansia tetap sehat dalam ia menjalani masa tuanya.

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
March 04, 2020 at 07:52PM
https://ift.tt/2wu9bmp

PANDUAN POLA MAKAN YANG BAIK UNTUK LANSIA - Berita Terbit
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PANDUAN POLA MAKAN YANG BAIK UNTUK LANSIA - Berita Terbit"

Post a Comment

Powered by Blogger.