Search

NASA Danai Penelitian Ketersediaan Makan dan Air di Bulan - iNews

ARIZONA, iNews.id - Misi berawak ke Bulan dijadwalkan meluncur pada 2024. Untuk bekal manusia di Bulan, NASA akan mendanai penelitian mengenai bagaimana manusia dapat mengakses sesuatu yang penting, seperti makanan dan air.

Dua proyek baru dari Universitas Arizona ini akan mencari solusi memperoleh makanan dan air di misi Bulan. Akses air di Bulan akan sangat bermanfaat, baik untuk minum maupun membuat bahan bakar roket.

Para ilmuwan percaya kemungkinan ada air beku di kawah Bulan. Tapi menemukan air beku bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para ilmuwan.

Lantas bagaimana cara untuk mengakses air di Bulan? Rencananya, mereka akan menggunakan satelit kecil sekali pakai yang disebut FemtoSats dikombinasikan dengan laser kuat.

Laser akan dipasang pada lander Bulan yang juga akan meluncurkan FemtoSats. Satelit dapat dikirim ke berbagai titik di Bulan untuk berburu air dan berkomunikasi dengan lander melalui laser.

“Hal khusus mengenai orang-orang ini (FemtoSats) adalah mereka sangat murah sehingga Anda dapat mengirim puluhan, ratusan, bahkan mungkin ribuan untuk satelit biasa,” kata Asisten Profesor Kedirgantaraan dan Teknis Mesin dan Kepala SpaceTREx Laboratory di Univeristy of Arizona Jekan Thanga.

Menurut Thanga penggunaan satelit sekali pakai untuk menjelajahi daerah-daerah Bulan tanpa risiko sudah tepat. Mengingat, para ilmuwan tidak mengetahui lingkungan kutub selatan Bulan.

Selain air, akses ke manakan segara penting bukan hanya untuk kesehatan astronot, tapi kesejahteraan mental mental. Namun, tanaman berperilaku aneh dalam microgravity sehingga membuatnya sulit tumbuh di lingkungan seperti stasiun luar angkasa atau di Bulan.

Ada juga masalah praktis dalam menjaga tanaman tetap sehat di lingkungan tanpa gravitasi. “Tidak ada gravitasi, jadi ini sangat berbeda dari menyiram taman di halaman belakang Anda. Menjaga keseimbangan air dan nutrisi yang tepat di akar dan kadar oksigen yang cukup untuk tanaman adalah masalah nyatan,” katanya.

Tim peneliti sedang mengembangkan sistem untuk menanam dan memberikan nutrisi di lingkungan dengan gravitasi rendah. Desain akan didasarkan pada solusi sebelumnya seperti Vegetable Production System (VEGGIE), taman seukuran koper yang menampung sekitar enam tanaman.

Editor : Dani Dahwilani

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
March 10, 2020 at 07:32AM
https://ift.tt/3az3ceK

NASA Danai Penelitian Ketersediaan Makan dan Air di Bulan - iNews
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "NASA Danai Penelitian Ketersediaan Makan dan Air di Bulan - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.