Search

Kerap Sakit Kepala Setelah Makan? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya - Kompas.com - Sains Kompas.com

KOMPAS.com - Tubuh membutuhkan persediaan energi yang cukup sebagai bahan bakar guna mendukung segala aktivitas fisik.

Idealnya, sumber makanan menyediakan sejumlah energi yang bisa langsung digunakan maupun disimpan terlebih dahulu oleh tubuh.

Ketika Anda belum makan sama sekali, atau terakhir makan beberapa jam yang lalu, otomatis persediaan dan cadangan energi di dalam tubuh menurun.

Kondisi ini tentu akan membuat kadar gula darah menurun. Padahal, gula darah diandalkan sebagai sumber energi dari berbagai sel-sel tubuh.

Namun, rasa pusing dan sakit kepala juga bisa muncul setelah makan. Istilah pusing setelah makan, dalam dunia medis disebut vertigo postprandial.

Dilansir Medical News Today, ada lima hal yang menyebabkan seseorang memiliki vertigo postprandial atau pusing setelah makan.

Penyebab

1. Gula darah rendah

Orang yang merasa pusing sebelum makan dikarenakan kadar gula darah turun. Nah, ketika kita sudah makan, kadar gula darah akan naik, dan pusing tadi perlahan hilang.

Namun, beberapa orang justru mengalami penurunan gula darah setelah makan. Dalam dunia medis, hal ini disebut hipoglikemia reaktif.

Kebanyakan penderita diabetes dan pradiabetes sangat mungkin mengalami hipoglikemia reaktif karena tubuh mereka memproduksi terlalu banyak insulin.

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
September 05, 2019 at 07:33PM
https://ift.tt/2ZJQYdm

Kerap Sakit Kepala Setelah Makan? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya - Kompas.com - Sains Kompas.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kerap Sakit Kepala Setelah Makan? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya - Kompas.com - Sains Kompas.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.