Search

Stop! Jangan Paksa si Kecil Untuk Makan - kumparan.com - kumparan.com

Stop! Jangan Paksa si Kecil Untuk Makan

Halo moms..

Dzaky tuh salah satu anak yang susah banget makan. Bahkan dulu, pernah lho moms beberapa kali saking susahnya makan, harus di paksa sampai dia nangis jerit-jerit. Memang tidak tega moms sampai seperti itu. Tapi, dulu aku berfikirnya "tidak apa-apalah seperti itu daripada dia gak makan" padahal sebenarnya itu salah besar.

ADVERTISEMENT

Ternyata hal seperti itu tidak baik lho moms, karena akan menimbulkan dampak psikologis pada si kecil. Dan akan sangat berpengaruh juga terhadap tumbuh kembangnya. Yang kita harus tahu sebagai orang tua, sebenarnya si kecil itu punya hak untuk memilih lho moms, kapan dia mau makan dan seberapa banyak yang mau dia makan.

Dulu tuh saya working mom, jadi jujur saja saya kurang tahu, bahkan bisa di bilang kurang mengenal lebih dalam anak sendiri. Karena untuk bertemu si kecil pun hanya punya waktu seminggu sekali. Setelah pindah kerja satu kota dengan anak pun masih kurang waktu bersama. Jadi seringkali salah bertindak.

Tetapi sekarang saya full ibu rumah tangga, sehari-hari bersama si kecil terus, kemanapun dan melakukan apapun. Jadi saya lebih tahu maunya, kesukaannya dan segala kebiasaannya. Seperti kesalahan yang pernah saya lakukan, memaksa anak sampai nangis jerit-jerit.

ADVERTISEMENT

Ternyata memaksa anak makan bisa berakibat buruk, yaitu:

1. Memuntahkan makanan

Di saat ini si kecil akan memasukkan makanan ke mulut tapi kemudian dia akan memuntahkannya kembali.

2. Tertekan dengan paksaan

Selain itu saat dia tidak mau makan tetapi terus kita paksa untuk makan, si kecil akan menjadi murung, tertekan dan tidak menikmati makanannya.

3. Merusak gigi

Bahkan banyak juga anak yang jika kita paksa untuk makan, tapi dia tidak mau, malas, tidak mood, makanan hanya akan di emut. Dan itu bisa merusak giginya lho moms.

4. Tidak mengenal rasa lapar

Dan ini moms yang paling parah, si kecil akan tidak mengenal rasa lapar. Mau nya itu ngemil padahal sebenarnya dia lapar.

ADVERTISEMENT

Nah moms, jangan pernah paksa anak untuk makan biarkan dia memilih. Karena akan ada waktunya dia mau makan tanpa di paksa bahkan meminta sendiri. Saat dia belum mau makan cukup kita siapkan buah-buahan atau cemilan seperti biskuit atau roti gandum yang tentunya makanan sehat pilihan moms. Hal itu lebih baik dari pada harus memaksa si kecil untuk makan.

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
September 14, 2019 at 01:38PM
https://ift.tt/31nDwNN

Stop! Jangan Paksa si Kecil Untuk Makan - kumparan.com - kumparan.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Stop! Jangan Paksa si Kecil Untuk Makan - kumparan.com - kumparan.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.