Search

Anda Baru Selesai Melahirkan, Makan 5 Hal Ini Agar Bisa Cepat Pulih - ISlampos

1 Oatmeal

Makanan sehat untuk masa pemulihan yang pertama adalah oatmeal. Oat diketahui sebagai sumber karbohidrat, kalsium, serat, protein serta zat besi yang sangat kaya. Berbahan dasar biji gandum, serat yang terkandung di dalam oatmeal mampu membantu mencegah timbulnya sembelit selama masa pemulihan.

Sembelit merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap terjadi pada ibu setelah melahirkan. Untuk mengolahnya bisa dicampur dengan susu, buah kering ataupun buah segar.

Dengan menambahkan buah-buahan dalam oatmeal maka nutrisi serta cita rasa yang dikeluarkan semakin meningkat. Oatmeal juga bisa membuat ibu kenyang lebih lama sehingga bisa sekaligus dijadikan sebagai salah satu cara untuk berdiet. Ingin hasil maksimal, sebaiknya konsumsi oatmeal secara rutin setiap hari.

2 Kacang-Kacangan

Tidak perlu diragukan lagi, kacang-kacangan memiliki kandungan yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Di masa pemulihan, makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh ibu salah satunya yaitu lentil. Lentil merupakan salah satu jenis tumbuhan penghasil kacang atau kerap disebut juga dengan kacang merah kecil. Lentil telah dianggap sebagai sumber protein, mineral serta vitamin yang sangat baik.

Bagi mereka yang sedang menjalani program diet atau seorang vegetarian banyak yang menggunakan lentil sebagai pengganti protein dari daging hewani. Lentil ini bisa langsung dimakan dalam kondisi kering seperti camilan atau diolah menjadi sup.

3 Biji Karom

Secara tradisional, biji karom dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang bagus untuk dikonsumsi setelah persalinan. Sebab, biji karom diketahui memiliki berbagai macam manfaat yang sangat bagus terutama pada wanita. Biji-bijian ini mampu menghilangkan masalah sembelit, gangguan pencernaan serta membuang kelebihan gas di dalam perut.

Dengan mengonsumsinya, produksi ASI akan semakin meningkat secara signifikan. Perlu diketahui juga, biji karom mampu memicu pemulihan rahim sehingga akan mempercepat proses kembalinya tubuh menjadi seperti sedia kala. Biji karom ini memiliki kandungan yang bersifat sebagai antijamur, antibakteri serta antioksidan. Ibu bisa mecampurkan biji tersebut pada masakan atau bisa juga dijadikan sebagai minuman.

4 Kunyit

Makanan sehat untuk masa pemulihan setelah melahirkan berikutnya yaitu kunyit. Sejak dulu, kunyit telah dikenal sebagai salah satu obat tradisional yang mujarab. Kunyit bisa digunakan untuk menyembuhkan luka, mencegah timbulnya alergi serta mengurangi peradangan pada seseorang. Sebab, kunyit memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh seperti Vitamin B6 serta Vitamin C.

Tidak hanya itu, kunyit juga mengandung zat mangan, kalium serta magnesium yang cukup tinggi. Tidak heran, hingga saat ini kunyit masih digunakan sebagai salah satu bahan jamu tradisional di Indonesia.

Ibu bisa meraciknya dengan menambahkan 1 sendok penuh bubuk kunyit dan susu hangat. Jika rasanya tak enak, tambahkan madu atau gula secukupnya. Konsumsi minuman tersebut secara teratur setiap harinya agar mendapatkan hasil maksimal.

5 Jahe

Jahe merupakan makanan yang sehat untuk masa pemulihan setelah melahirkan. Oleh sebab itu, jahe sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Jahe basah ataupun jahe kering dikenal memiliki efek sebagai antiinflamasi yang begitu kuat. Antiinflamasi tersebut nantinya akan membatu mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan.  Bahkan, juga bisa memmpercepat proses kembalinya bentuk tubuh. Bisa diolah menjadi minuman, kue atau bahan pelengkap masakan. []

SUMBER: DREAM

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
September 29, 2019 at 02:11AM
https://ift.tt/2lSXhNM

Anda Baru Selesai Melahirkan, Makan 5 Hal Ini Agar Bisa Cepat Pulih - ISlampos
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anda Baru Selesai Melahirkan, Makan 5 Hal Ini Agar Bisa Cepat Pulih - ISlampos"

Post a Comment

Powered by Blogger.