Search

Lima Tips Badan Segar setelah Makan, Anti Ngantuk - ISlampos

SEBAGIAN besar orang sering mengantuk dan letih setelah menyantap makanan. Apalagi ketika makan di jam siang. Padahal, setelahnya masih banyak aktivitas dan tugas yang harus dilakukan, sehingga tubuh harus tetap fokus dan terjaga.

Perlu diketahui, banyak faktor yang menimbulkan rasa kantuk setelah makan ini. Lantas, bagaimana cara untuk mencegah rasa kantuk dan membuat kita tetap segar setelah menyantap makanan? Berikut beberapa tipsnya:

Jangan makan terlalu banyak

Jaga porsi makan Anda jangan sampai berlebihan. Makan berlebihan dapat membuat Anda sangat kenyang sekaligus ngantuk. Karena untuk mencerna banyaknya makanan membutuhkan lebih banyak energi, sehingga tubuh merasa lelah dan ngantuk.

BACA JUGA: 8 Cara Menghilangkan Insomnia, Wajib Dicoba

Minum air putih yang cukup

Salah satu manfaat terbesar dari minum air putih adalah membantu meningkatkan konsentrasi. Tubuh harus dalam keadaan terhidrasi agar terhindar dari rasa lelah dan kantuk.

Konsumsi air putih 30 menit sebelum makan akan efektif mengontrol rasa lapar. Minum air putih lagi 30 menit setelah makan bisa membantu proses pencernaan jadi lebih maksimal.

Hindari makanan yang mengandung lemak.

Saat menyantap makan siang, usahakan untuk tidak memilih menu yang mengandung pemanis buatan dan lemak tinggi. Gula memang bisa meningkatkan energi seketika, namun hal tersebut hanya berlangsung sementara saja. Setelah efeknya hilang, gula justru akan membuat kita merasa letih dan lemas.

Dapatkan manfaat teh hijau

Air teh hijau juga baik untuk sistem pencernaan. Hal ini dibuktikan lewat sebuah penelitian pada 2005 yang dilakukan Journal of Agricultural and Food Chemistry.

BACA JUGA: Ternyata Inilah 4 Sebab Anda Suka Tidur setelah Shubuh

Dari penelitian itu disebutkan, catechins dalam teh hijau bisa mengaktifkan enzim pencernaan yang berfungsi memecah protein. Selain itu, teh hijau juga membantu peluruhan lemak dalam tubuh sekaligus menekan rasa lapar.

Lakukan olahraga ringan setelah makan

Usai menyantap makanan, tunggulah selama kurang lebih 15 menit hingga makanan selesai dicerna. Setelah itu, lakukan olahraga ringan seperti berjalan atau push up untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah, sehingga energi dalam tubuh dapat bertambah.

Itulah beberapa tips agar tidak mudah ngantuk setelah menyantap makanan yang harus diketahui. []

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
September 26, 2019 at 11:34PM
https://ift.tt/2n5pyAS

Lima Tips Badan Segar setelah Makan, Anti Ngantuk - ISlampos
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lima Tips Badan Segar setelah Makan, Anti Ngantuk - ISlampos"

Post a Comment

Powered by Blogger.