Search

3 Alasan Mengapa Anda Tidak Merasa Lapar di Pagi Hari - Medcom ID

Seperti banyak hal yang terjadi dalam tubuh, hormon juga berhubungan dengan kurang nafsu makan dan mual di pagi hari. Sering kali metabolisme Anda tidak mendapatkan pesan bahwa sudah saatnya untuk mengonsumsi makanan.
 

 
Jakarta: Tentu sudah banyak yang memahami bahwa sarapan adalah makanan yang paling penting dalam satu hari. Namun terkadang, kesibukan membuat seseorang melupakan sarapan atau memang karena tidak merasa lapar, sehingga Anda pun melewatkan sarapan begitu saja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan ternyata ada beberapa alasan yang menyebabkan Anda tidak merasa lapar sehingga tidak membutuhkan sarapan saat pagi hari.
 
Dilansir dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan Anda tidak merasa lapar saat pagi hari:

1. Metabolisme Anda masih belum siap

Nutrisionis, Michell Blum menjelaskan bahwa metabolisme Anda memasuki mode yang berbeda ketika Anda sedang tertidur. Sama seperti tombol "snooze" pada alarm.
 
Ia mengatakan "Metabolisme Anda bekerja sama seperti perapian. Jika Anda melemparkan kayu pada perapian, api akan membakarnya. Jika Anda tidak memberikan apapun pada api, maka api akan padam."
 
"Inilah yang terjadi ketika Anda tidur, dan itu baik-baik saja karena tubuh tidak membutuhkan banyak energi ketika tidur."
 
Namun, ketika Anda bangun, sering kali metabolisme Anda tidak mendapatkan pesan bahwa sudah saatnya untuk mengonsumsi makanan. Jadi, cobalah makan sarapan bergizi dalam beberapa jam setelah bangun.
 
3 Alasan Mengapa Anda Tidak Merasa Lapar di Pagi Hari
(Sering Anda merasa tak nafsu makan di pagi hari. Seperti banyak hal yang terjadi dalam tubuh, hormon juga berhubungan dengan kurang nafsu makan serta mual di pagi hari. Foto: Pexels.com)

2. Terlalu banyak makan sebelum tidur

Para ahli mengatakan bahwa makan berat sebelum tidur mengganggu tidur karena tubuh bekerja keras untuk mencernanya. Selain itu, juga bisa menyebabkan kurang nafsu makan di pagi hari.
 
Seorang ahli nutrisi, Lisa Hayim mengatakan bahwa jika Anda makan besar sekitar tengah malam dan bangun pukul enam atau tujuh pagi, masuk akal Anda belum lapar.
 
"Tubuh Anda hanya akan menyelesaikan pencernaan, dan sinyal rasa lapar Anda belum muncul."

3. Hormon

Seperti banyak hal yang terjadi dalam tubuh, hormon juga berhubungan dengan kurang nafsu makan dan mual di pagi hari. Ahli gizi Bridget Bennett menjelaskan tubuh mengeluarkan beberapa hormon yang berbeda sebelum bangun untuk membantu tubuh bangun dan bergerak setelah istirahat malam.
 
Selain memberi Anda ledakan energi, hormon-hormon ini meningkatkan gula darah, yang diperlukan setelah 'puasa' semalaman.
 
Lonjakan hormon ini mungkin menjadi salah satu penyebab mual ringan di pagi hari." Ia menambahkan perut yang kosong dapat memicu mual ketika mengeluarkan asam untuk mengantisipasi makan. "Masuknya asam dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mual ringan."
 

 

(TIN)

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
September 02, 2019 at 12:38PM
https://ift.tt/32lCK48

3 Alasan Mengapa Anda Tidak Merasa Lapar di Pagi Hari - Medcom ID
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Alasan Mengapa Anda Tidak Merasa Lapar di Pagi Hari - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.