Search

Lobi-lobi Makan Siang Ala Golkar Demi Kursi Ketua MPR - detikNews

Jakarta - Partai Golkar mengajukan nama Bambang Soesatyo untuk mengisi kursi Ketua MPR. Untuk memuluskan target, Fraksi Golkar di MPR mengundang para pimpinan fraksi untuk makan siang.

Ketua Fraksi Golkar MPR Zainudin Amali membenarkan partainya mengundang para pimpinan fraksi untuk makan siang. Dia menyebut pertemuan itu untuk menyamakan persepsi pemilihan Ketua MPR perlu dicapai dengan musyawarah mufakat.

"Kita ini mau menyamakan persepsi kita khusus untuk pemilihan pimpinan MPR kita mau dengan cara bermusyawarah dulu. Kan itu sistem demokrasi kita, sistem demokrasi Pancasila itu kan gitu, mendahulukan musyawarah mufakat. Dalam rangka itu kemudian saya mengundang fraksi-fraksi yang ada di MPR," ujar Amali saat dihubungi, Rabu (2/10/2019).

Amali menyebut undangan makan siang itu sebagai salah satu cara untuk membangun komunikasi politik dengan fraksi lain terkait pencalonan Bamsoet. Menurut Amali, fraksi lain pun merespons positif apa yang disampaikan Partai Golkar.

"Saya kira karena Fraksi Partai Golkar ada calonnya, maka tentu calon ini harus kita komunikasikan kepada fraksi-fraksi lain. Itu sesuatu yang lumrah saja. Namanya kita berkomunikasi politik kan itu siapa saja. Semua kita undang, nggak ada yang kita batas-batasi," jelas Amali.

"Semua menyampaikan dan memberikan apresiasi kepada keinginan Golkar untuk mencalonkan anggota fraksinya, Pak Bambang Soesatyo, dan mereka merespons, memberikan dukungan tentu," lanjut dia.

Amali mengatakan seluruh fraksi MPR hadir dalam undangan makan siang tersebut, kecuali PKS dan kelompok DPD. PKS disebut tengah memiliki agenda lain, sementara perwakilan DPD di MPR belum terbentuk. Meski absen, Amali menyatakan PKS satu suara agar pemilihan Ketua MPR dicapai melalui musyawarah mufakat.

"Yang menyampaikan sedang ada kegiatan lain itu dari PKS, tapi mereka ndak ada masalah. DPD kan belum selesai. Tapi PKS prinsipnya juga musyawarah mufakat. Semua (satu pemikiran), termasuk Gerindra," ucapnya.

Fraksi Gerindra di MPR diwakili oleh sekretaris fraksinya, El Nino. Dalam pertemuan itu, kata Amali, El Nino juga menyampaikan secara terbuka terkait pencalonan wakil Gerindra, Ahmad Muzani, untuk menuju kursi Ketua MPR.

"Tidak (menyampaikan dukungan), karena Gerindra mereka menyampaikan bahwa mereka juga mempersiapkan calon, ada Pak Muzani. Itu bagus, menurut kami nggak ada masalah ya, disampaikan seperti itu kan nggak ada hal yang kita tutup-tutupi. Semua terbuka, semua bisa mendengarkan, dan Gerindra juga berprinsip sebisa mungkin kita usahakan ini akan kita capai dengan musyawarah mufakat," jelasnya.

Melihat respons pimpinan fraksi yang hadir dalam agenda itu, Amali pun optimistis langkah Bamsoet akan mulus dalam pemilihan pimpinan MPR yang akan besok. Ia yakin komunikasi yang telah dibangun Golkar akan membuahkan hasil.

"Jadi harus ada keyakinan dulu. Kita harus yakin dulu internal Fraksi Golkar MPR kita akan menyampaikan itu kepada fraksi-fraksi lain, dan saya berpandangan bahwa mudah-mudahan dengan komunikasi yang kita lakukan secara intensif, baik secara bersama-sama seperti tadi siang maupun secara terpisah fraksi per fraksi, kami optimis bahwa Pak Bamsoet bisa mendapatkan dukungan yang maksimal," ucapnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Fraksi NasDem MPR Syarif Abdullah Alkadrie membenarkan jika undangan makan siang dari Fraksi Golkar adalah untuk menyatukan suara soal musyawarah mufakat dalam pemilihan Ketua MPR. Ia bahkan menyebut sebagian pimpinan fraksi yang hadir mengapresiasi pencalonan Bamsoet.

"Salah satu ini kan sudah diketahui, tak bisa lagi kita tutup-tutupi Golkar sudah bulat mencalonkan Bambang Soesatyo. Jadi ya kalau beliau, beliau kan wajar saja menyampaikan visi misinya sebagai pimpinan MPR," ungkap Syarif.

"Jadi ya Pak Bambang menyampaikan itu. Artinya ya juga membicarakan itu, siapapun pimpinannya. Walaupun kalau kita lihat ya sebagian nampaknya jiwanya dari fraksi-fraksi bahkan berkembang di media-media hari ini kan untu pencalonan Pak Bambang itu sudah cukup banyak yang mengapresiasi dan memberikan dukungan," pungkasnya.
(azr/fdn)

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
October 02, 2019 at 07:20PM
https://ift.tt/2pg6Mb7

Lobi-lobi Makan Siang Ala Golkar Demi Kursi Ketua MPR - detikNews
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lobi-lobi Makan Siang Ala Golkar Demi Kursi Ketua MPR - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.