Search

Makan Bersama, Wali Kota Tanamkan Cinta Kuliner Lokal - Jawa Pos

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo yang hadir dalam agenda itu mengingatkan banyaknya manfaat sarapan, salah satunya memberikan energi untuk beraktivitas. Sebab itu, pria yang akran disapa Rudy tersebut mendorong masyarakat tak menyepelekan makan pagi. Terutama menggunakan menu tradisional. Selain lebih enak, bahan dasar pembuatan makanan dinilai lebih mudah didapat.

Menurut Rudy, makanan tradisional memiliki kandungan gizi lebih lengkap dibandingkan olahan restoran sepat saji. Misalnya ketela, kacang, pisang dan sebagainya.

“Seperti nasi langgi, ini asli Solo. Termasuk makanan tradisonal yang perlu dilestarikan. Isinya kan sederhana, nasi, ada abon, ikan, bergedel. Tapi enak. Ini kalau sarapan setiap hari sudah warek (kenyang) dan sehat,” terangnya.

Wali kota mengaku lebih memilih makanan tradisional dibandingkan makanan cepat saji. “Aku nggak pamer ini, aku nggak pernah makan di restoran. Jadi kalau makan ya cukup sambel karo bawang wae (sambal sama bawang saja),” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Etty Retnowaty mengatakan, sarapan dengan kandungan gizi yang baik menjadi modal awal murid dalam menuntut ilmu. Perhatian orang tua siswa menjadi penting untuk menunjang prestasi putra-putrinya.

“Kalau nggak sarapan kan jadi ngantuk, nggak konsentrasi menerima pelajaran. Akhirnya prestasi yang didapat tidak maksimal. Adanya gerakan makan nasi langgi ini juga sebagai upaya memperkenalkan makanan tradisional kepada anak-anak,” urai dia.

Kepala SMPN 22 Surakarta Eko Sutrisno menerangkan, kegiatan makan nasi langgi bersama  guna mendidik karakter cinta kulinerlokal. “Banyak anak yang tidak paham nasi langgi. Anak-anak lebih paham hamburger, pizza, steak, sehingga ini kita kenalkan” tegasnya. (irw/mg11/wa)

(rs/irw/per/JPR)

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
October 19, 2019 at 05:53PM
https://ift.tt/35PRtXo

Makan Bersama, Wali Kota Tanamkan Cinta Kuliner Lokal - Jawa Pos
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Makan Bersama, Wali Kota Tanamkan Cinta Kuliner Lokal - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.