Search

Sarapan Makan Roti Gambang, Ini Cara Paling Enak Menikmatinya - Kompas.com - KOMPAS.com


JAKARTA, KOMPAS.com – Roti gambang di Jakarta atau roti ganjel rel di Semarang merupakan satu jenis roti yang sama. Baru-baru ini roti gambang masuk daftar 50 roti terbaik di dunia versi CNN.

Cita rasanya yang manis dari gula aren dan wangi aroma kayu manis dibalut dengan tekstur keras berwarna cokelat. Taburan wijen yang penuh di punggungnya menambah rasa unik di lidah.

Pada masa kolonial, roti gambang dikenal sebagai roti yang kerap dinikmati orang Belanda atau Hindia Belanda.

Baca juga: Roti Gambang dan Roti Ganjel Rel, Adakah Perbedaannya?

Namun sejak era kemerdekaan, roti tersebut bergeser eksistensinya menjadi hidangan sarapan orang Betawi dan orang Semarang.

Menikmati roti gambang ternyata ada cara-caranya agar rasa manis nan unik dari roti bertekstur keras ini dapat terasa menendang lidah kita.

Baca juga: Apa Itu Roti Gambang? Roti Jadul Favorit yang Bikin Kenyang

Menurut Budayawan Betawi Yahya Adi Saputra, keluarga Betawi dari dulu biasa menikmati roti gambang pada pagi hari yaitu sebagai hidangan sarapan.

“Jadi dari dulu kita keluarga Betawi udah tiap pagi sarapan pakai roti gambang, dulu sih gampang nyarinya, sekarang rada susah,” kata Yahya ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (18/10/2019).

Yahya melanjutkan, cara paling enak menikmati roti gambang adalah dengan ditemani kopi atau teh manis.

Kedua minuman itu bisa menambah rasa manis nan unik pada roti gambang jika dicelupkan pada kopi atau teh manis.

“Itu tiap pagi biasa kita makan ditemenin sama kopi, teh manis juga bisa, nah itu dicelupin dah roti gambangnya ke kopi, kalau saya sih gitu, itu mantep bener dah,” ujarnya.

Baca juga: Roti Gambang Masuk Daftar 50 Roti Terbaik Dunia

Selain itu, kenang Yahya, ketika ia dulu sekolah, selalu dibelikan dan dibawakan roti gambang sebagai bekal di sekolah.

Ada cerita unik dari Yahya, dulu ia selalu diberikan sepotong roti gambang, namun karena teksturnya keras dan gempal, ia hanya makan separuh saja ketika berangkat sekolah.

Roti gambang merupakan roti khas Jakarta dan Semarang yang mampu membangkitkan kenangan nostalgia, Jumat (18/10/2019).Wahyu Adityo Prodjo Roti gambang merupakan roti khas Jakarta dan Semarang yang mampu membangkitkan kenangan nostalgia, Jumat (18/10/2019).

“Nah, itu sore saya makan lagi separuhnya, itu kan gempal banget bentuknya sehingga dia padat, jadi ya cukup mengenyangkan, kalau saya sih satu aja udah kenyang banget, jadi memang kalau makan roti gambang ya jangan langsung dihabiskan,” jelasnya.

Sekadar informasi, roti gambang dinamakan gambang karena terinspirasi oleh gambang pada alat musik gambang kromong. Data-data sejarah mengatakan, gambang kromong telah dikenal sejak abad 18 dan 19.

Baca juga: Roti Gambang Berasal dari Mana? Ini Asal Usulnya

Pembuatan roti-roti zaman Belanda memang didominasi oleh perusahaan roti milik Belanda.

Lambat laun, sebutan ganjel rel juga muncul di masyarakat khususnya di Semarang. Sebutan ini karena roti ini lebih mirip ganjalan rel atau tumpuan rel kereta api.

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
October 20, 2019 at 07:00AM
https://ift.tt/2o1K1Yh

Sarapan Makan Roti Gambang, Ini Cara Paling Enak Menikmatinya - Kompas.com - KOMPAS.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sarapan Makan Roti Gambang, Ini Cara Paling Enak Menikmatinya - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.