Search

Pola Makan Buruk Bisa Picu Kebutaan - ayobandung.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pola makan atau diet yang buruk seperti mengonsumsi junk food serta makanan dengan asupan vitamin dan mineral yang tidak mencukupi ternyata bisa menyebabkan munculnya neuropati optik gizi atau kerusakan saraf optik.

AYO BACA : Kenali Makanan yang Tepat untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Menurut studi dalam jurnal Annals of Internal Medicinel, neuropati optik adalah disfungsi saraf optik yang penting untuk penglihatan. Seperti dilansir dari Science Daily, Selasa (10/9/2019), kondisi itu jika tidak diobati, dapat dapat menyebabkan kerusakan struktural permanen pada saraf optik hingga mengakibatkan kebutaan.

AYO BACA : 5 Makanan Ini Bikin Kuku Kuat dan Sehat

Selain pola makan, neuropati optik gizi juga bisa disebabkan oleh masalah usus dan obat-obatan yang mengganggu penyerapan berbagai nutrisi penting.

Selain itu, ada kasus seseorang kehilangan penglihatan karena kekurangan vitamin B12, tembaga dan selenium, serta kadar seng yang tinggi. Secara nyata kondisi itu menurunkan kadar vitamin D dan kepadatan mineral tulang. Padahal indeks massa tubuhnya (BMI) normal.

"Kasus ini menyoroti dampak diet terhadap kesehatan visual dan fisik, dan fakta asupan kalori dan BMI bukanlah indikator status gizi yang dapat diandalkan," kata Dr Denize Atan, penulis studi.

Tim peneliti merekomendasikan riwayat diet perlu menjadi bagian dari pemeriksaan klinis rutin termasuk tentang kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, untuk menghindari diagnosis neuropati optik gizi yang terlewatkan.

AYO BACA : Penelitian: Makanan Cepat Saji Buat Remaja Rentan Depresi

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
September 10, 2019 at 01:05PM
https://ift.tt/2ZQzelp

Pola Makan Buruk Bisa Picu Kebutaan - ayobandung.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pola Makan Buruk Bisa Picu Kebutaan - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.