Search

Menurut Pakar Kesehatan, Ini Waktu Makan yang Ideal - WinNetNews

Winnetnews.com - Kebanyakan orang berpikir jika makan dengan cepat sebagai sebuah kelebihan. Hal ini dianggap tidak akan membuat banyak waktu yang terbuang sia-sia. Padahal, pakar kesehatan menyebut durasi makan juga bisa mempengaruhi kondisi pencernaan dan kesehatan tubuh. Lantas, seberapa lamakah durasi waktu makan yang ideal?

Waktu Makan yang Ideal Menurut Pakar Kesehatan

Pakar kesehatan Ben Desbrow yang berasal dari Griffith University, Queensland, Australia menyebut tubuh memerlukan waktu sekitar 15 hingga 20 menit demi memberikan reaksi saat makan. Reaksi ini berupa sinyal perut sudah terisi makanan, merasakan sensasi puas, dan kenyang. Masalahnya adalah kebanyakan orang makan dengan durasi waktu yang lebih pendek.

Desbrow menyarankan kita untuk mengunyah makanan dengan lebih banyak. Dengan melakukannya, maka makanan bisa terpotong atau hancur menjadi potongan yang lebih kecil sehingga akan lebih mudah dicerna oleh perut. Jika kita hanya sekali atau dua kali saja mengunyah makanan, dikhawatirkan potongan makanan masih besar dan kasar sehingga akan membebani perut untuk mengolahnya.

Desbrow belum bisa benar-benar memastikan seberapa banyak kunyahan yang ideal untuk sekali suapan, namun ia menyebut orang-orang yang makan dengan terlalu cepat biasanya mengunyah makannya tidak sampai enam kali setiap kali suapan. Ia menyarankan kita untuk mengunyah sekitar 15 hingga 40 kali demi memastikan bahwa makanan sudah benar-benar halus sebelum ditelan.

Selain memperhatikan durasi makan dan pengunyahan makanan, Desbrow menyarankan kita untuk tidak makan sambil menonton televisi atau menggunakan ponsel karena akan membuat kita tidak bisa benar-benar menikmati makanan dan cenderung mengunyah dengan lebih cepat. Selain itu, kita juga lebih rentan makan dengan jumlah yang lebih banyak dari yang kita butuhkan.

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
October 04, 2019 at 08:45AM
https://ift.tt/35a0b2L

Menurut Pakar Kesehatan, Ini Waktu Makan yang Ideal - WinNetNews
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menurut Pakar Kesehatan, Ini Waktu Makan yang Ideal - WinNetNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.