Search

4 Makanan Enak Penurun Kolesterol, Cocok untuk Makan Siang - ayobandung.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Jika memiliki gaya hidup sehat dan menurunkan kolesterol, Anda bisa mengonsumsi sejumlah sayuran saat makan siang.

Kolesterol tinggi bisa mendatangkan masalah kesehatan, mulai dari pusing, nyeri leher dan sendi, hingga peningkatan risiko stroke dan jantung.

Pada dasarnya, kolesterol merupakan lemak esensial yang berfungi bagi tubuh. Namun jika kadarnya terlalu tinggi, justru masalah kesehatan yang bisa timbul.

Dilansir dari Suara.com, berikut 4 makanan enak yang bisa menurunkan kolesterol:

1. Tomat

Tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dapat membantu menurunkan low-density lipoprotein cholesterol (LDL) atau dikenal sebagai kolesterol jahat sebanyak 10 persen.

2. Bayam

Sayuran hijau gelap, seperti bayam, dinilai paling efektif menurunkan kolesterol. Hal itu karena kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam yang berperan penting menyingkirkan radikal bebas dalam tubuh.

3. Bawang putih

Sebuah studi mengemukakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut perihal ini.

4. Terong

Salah satu manfaat terong yaitu membantu menurunkan kolesterol jahat. Tidak hanya itu, mengonsumsi sayur yang dapat ditemukan dengan mudah ini juga bermanfaat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah.

Sebenarnya selain sayuran, ada juga beragam makanan lainnya yang bisa membantu menurunkan kolesterol, di antaranya seperti gandum, kacang-kacangan, buah apel, anggur, strawberi, serta ikan.

Anda dapat mengombinasikan jenis makanan di atas dengan sayuran penurun kolesterol agar mendapat nutrisi yang beragam untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat sebagai salah satu cara dalam membantu menurunkan kolesterol serta terhindar dari penyakit. Bila perlu, konsultasikan lebih lanjut pada dokter untuk mendapatkan rekomendasi pola makan yang tepat.

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
February 28, 2020 at 01:20PM
https://ift.tt/2I3gp3c

4 Makanan Enak Penurun Kolesterol, Cocok untuk Makan Siang - ayobandung.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Makanan Enak Penurun Kolesterol, Cocok untuk Makan Siang - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.