Search

Liburan ke Banyuwangi Wajib Makan Sego Tempong Komplet di Sini - Detikcom

Jakarta - Banyuwangi bukan hanya terkenal dengan kekayaan alamnya yang indah. Kuliner khas seperti sego tempong juga tak boleh terlewatkan.

Sego tempong atau nasi tempong adalah makanan khas Banyuwangi yang sudah melegenda. Sajian nasi rames dengan aneka lauk dan sayuran ini semakin menggoda karena diberi tambahan sambal yang pedas nendang.

Racikan cabai merah, rawit dan tomat segar membuat sambal punya rasa yang begitu nendang. Apalagi ditambah kucuran jeruk limau yang memberi sensasi asam segar. Kalau ke Banyuwangi, jangan lupa makan sego tempong di 5 tempat berikut.

1. Sego tempong Mbok Wah
Liburan ke Banyuwangi Wajib Makan Sego Tempong Komplit di SiniFoto: instagram @amazingindonesiafood

Kalau mau menikmati sego tempong enak,coba datang ke warung Mbok Wah yang berlokasi di Jalan Gembrung 220, Bakungan, Glagah. Di sini ada sego tempong komplit yang siap memanjakan lidah.

Seporsi sego tempong biasanya berisi nasi, sayuran rebus, tahu dan tempe goreng, sambal dan ikan asin. Kalau mau lauk tambahan bisa memilih ayam atau menu ikan. Buat pencinta sambal pedas, sego tempong ini bisa jadi pilihan.

Sego tempong Mbok Wah
Jl. Gembrung No. 220. Bakungan
Glagah, Banyuwangi
Jawa Timur

2. Sego Tempong Mbok Nah
Nasi pulen hangat dengan lauk sederhana ini sudah bisa menggoda selera. Nasi tempong di sini bisa dijadikan menu sarapan, makan siang ataupun makan malam karena sudah buka sejak pagi hari.

Dalam versi klasik, sego tempong biasa disantap dengan lauk ikan air tawar goreng seperti mujair atau ikan nila. Tapi di sini lauk pilihannya terbilang banyak mulai dari lele, ayam goreng, ayam kecap hingga ayam pedas khas Banyuwangi.

Sego Tempong Mbok Nah
Jl. Kolonel Sugiono No. 16
Banyuwangi
Jawa Timur

3. Sego Tempong Mbok Tien

Liburan ke Banyuwangi Wajib Makan Sego Tempong Komplit di SiniFoto: instagram @cicikuliner

Makan sego tempong di Banyuwangi bisa dipastikan kenyang karena porsinya super banyak. Untuk sayurannya saja antara lain ada bayam, kangkung, sawi, kacang panjang, genjer hingga kubis. Ada juga tambahan kemangi dan mentimum yang bisa dijadikan lalapan.

Meski porsinya banyak dan enak, sego tempong di Banyuwangi dikenal dengan harganya yang murah meriah. Puas menikmati sego tempong paling enak minum segelas teh hangat yang harum dan ampuh mengusir pedas.

Sego Tempong Mbok Tien
Jl. Pengantigan, Banyuwangi
Jawa Timur

4. Sego tempong Mbok Hariyati
Sego tempong enak juga bisa dirasakan di warung Mbok Hariyati. Lokasinya yang ada di pinggir jalan membuat warung ini selalu ramai dikunjungi.

Selain sego tempng, di sini juga ada berbagai makanan khas Jawa Timuran lain. Anda bisa menikmati nasi hangat dengan aneka bothok, rawon dan ayam pedas. Area makan yang luas juga membuat pengunjung nyaman berlama-lama.

Sego Tempong Mbok Hariyati
Jl. Raya Benculuk, Cluring
Banyuwangi, Jawa Timur

5. Sego Tempong Mbok Misnah

Liburan ke Banyuwangi Wajib Makan Sego Tempong Komplit di SiniFoto: instagram @bayu_c_pamungkas

Berbeda dengan warung sego tempong lain yang menyajikan aneka pilihan lauk pauk, di warung Mbok Misnah justru hanya ada satu pilihan lauk yakni ikan wader goreng.

Ikan sawah berukuran kecil ini digoreng hingga garing lalu disajikan dengan aneka sayuran rebus dan sambal. Semua makanan di sini disajikan segar jadi makin mantap disantap hangat-hangat.

Sego Tempong Mbok Misnah
Dussun Jambean, Desa Kenjo
Glagah, Banyuwangi
Jawa Timur

Simak Video "Jajanan Western di Banyuwangi Ini Bikin Ngiler!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
November 24, 2019 at 12:00PM
https://ift.tt/37CtSL5

Liburan ke Banyuwangi Wajib Makan Sego Tempong Komplet di Sini - Detikcom
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Liburan ke Banyuwangi Wajib Makan Sego Tempong Komplet di Sini - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.