Search

Food Craving, Tanda Pola Makan Tidak Sehat? - Trubus.id

Trubus.id -- Pernahkah Trubus Mania merasakan keinginan yang besar untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu? Jika iya, bisa jadi mengalami food craving. Food craving terjadi ketika kamu memiliki keinginan yang begitu kuat untuk mengonsumsi satu jenis makanan. Keinginan yang muncul terkadang tidak dapat dikendalikan hingga pengidap food craving mendapatkan makanan yang diinginkan.

Setiap orang dapat mengalami food craving yang berbeda-beda. Ada yang menginginkan untuk mengonsumsi makanan cepat saji, makanan yang mengandung gula tinggi, makanan asin, hingga makanan yang berlemak. Food craving yang tidak segera diatasi dapat membuat seseorang mengalami gangguan masalah pada berat badan atau pola makan. Tapi, apakah food craving dapat menjadi salah satu tanda pola makan yang tidak sehat? 

Baca Lainnya : 6 Cara Melatih Otak Untuk Menghindari Junk Food 

Menurut Health, ketika mengonsumsi makanan dan tubuh memproduksi hormon endorfin, maka kita berpotensi mengalami kecanduan terhadap makanan tersebut. Inilah yang menyebabkan mengalami food craving terhadap makanan tertentu.

Tidak hanya itu, seseorang yang memiliki gangguan tidur juga akan mengalami food craving terhadap karbohidrat dan makanan yang mengandung gula tinggi. Tidak ada salahnya untuk mengatasi gangguan tidur yang kamu alami agar food craving yang dialami dapat diatasi.

Food craving berkaitan dengan pola makan yang tidak sehat jika kamu memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat untuk tubuh, misalnya makanan yang terlalu manis, terlalu asin atau terlalu berlemak. Tidak hanya dapat mengganggu pola makan sehat atau diet yang sedang dijalani, tapi kondisi ini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah food craving, seperti:

1. Belajar untuk Mengelola Stres

Jika kamu memiliki tingkat stres yang tinggi, nyatanya bisa menyebabkan food craving, lho! Wanita yang memiliki tingkat stres cukup tinggi umumnya akan lebih menginginkan makanan yang memiliki kandungan gula cukup tinggi. Kondisi ini menyebabkan berat badan bertambah dan risiko gangguan kesehatan yang disebabkan oleh makanan manis pun meningkat.

2. Hilangkan Food Craving dengan Mengonsumsi Air Cukup

Rasa lapar dan haus dapat meningkatkan sensasi food craving pada otak. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Dengan begitu kamu akan terhindar dari food craving dan tubuh terhidrasi dengan baik.

Baca Lainnya : Food Combining, Pola Makan Berdasarkan Siklus Alami Tubuh

3. Konsumsi Makanan Tinggi Protein dan Serat

Untuk mengatasi food craving, tidak ada salahnya perhatikan pola makan yang dijalani. Tidak ada salahnya untuk mengkombinasikan makanan yang mengandung tinggi protein dan serat agar tidak mudah merasa lapar.

Segera atasi food craving dengan cara di atas agar tidak semakin parah dan menyebabkan dampak pada tubuh, seperti berat badan yang berlebihan atau gangguan kesehatan lain yang disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat. 

Editor : System

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
November 25, 2019 at 08:30AM
https://ift.tt/2ro6vE2

Food Craving, Tanda Pola Makan Tidak Sehat? - Trubus.id
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Food Craving, Tanda Pola Makan Tidak Sehat? - Trubus.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.