Search

Pria Wajib Hindari 5 Makanan ini, Karena Bisa Hambat Produksi Sperma - Suara.com

Suara.com - Ada banyak hal yang memengaruhi kualitas sperma, seperti genetika, stres hingga makanan. Padahal kualitas sperma salah satu faktor yang turut memengaruhi keberhasilan kehamilan.

Karena itu, sudah seharusnya pria mengetahui beberapa hal yang bisa menghambat dan meningkatkan produksi sperma. Terutama dalam menjaga pola makan yang memengaruhi kualitas sperma tanpa disadari.

Sebuah studi baru oleh Ana Cutillas-Tolin dilansir dari Asia One, menemukan bahwa pria yang diet untuk menghentikan hipertensi (DASH) memiliki jumlah sperma lebih tinggi dan kualitas semen paling baik.

Karena, pola makan DASH fokus pada makan banyak buah-buahan, sayuran dan protein tanpa lemak Makanan mereka termasuk daging tanpa lemak (seperti ayam atau ikan), kacang-kacangan, produk susu, buah-buahan dan sayuran.

Sehingga pola makan diet DASH tidak hanya membantu menurunkan hipertensi dan tekanan darah. Tetapi juga meningkatkan produksi sperma pria.

Di samping itu, adapun makanan dan minuman yang seharus dihindari pria karena bisa menghambat produksi sperma.

Ilustrasi sampanye [shutterstock]
Ilustrasi sampanye [shutterstock]

1. Alkohol

Pria harus mengurangi atau menghindari minuman alkohol karena bisa menurunkan kadar testosteron yang memengaruhi produksi sperma.

2. Minuman kaleng

Minuman kaleng, permen, keripik dan makanan lain dengan kandungan gula tinggi juga bisa menyebabkan obesitas. Kelebihan berat badan akibat makanan tinggi gula bisa menyebabkan tingkat hormon berubah dan berdampak pada kesuburan pria.

3. Daging

Daging yang mengandung banyak kadmium, termasuk jeroan bisa membunuh sel sperma. Sehingga konsumsi makanan tersebut bisa memengaruhi kualitas sperma.

Ilustrasi daging. (Pixabay/SvenHilker)
Ilustrasi daging. (Pixabay/SvenHilker)

4. Kedelai

Makanan apapun yang berbahan dasar kedelai bisa menurunkan jumlah sperma. Meskipun alasannya belum jelas, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kondisi itu terjadi akibat hormon estrogen yang lebih tinggi dapat memengaruhi keseimbangan hormon,

5. Buah-buahan dan sayuran berpestisida

Buah-buahan dan sayuran sangat baik untuk meningkatkan kualitas sperma. Tetapi, buah dan sayuran terkontaminasi pestisida yang mengandung bisphenol (BPA) bisa menurunkan produksi sperma.

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
November 03, 2019 at 02:23PM
https://ift.tt/2C8FrLm

Pria Wajib Hindari 5 Makanan ini, Karena Bisa Hambat Produksi Sperma - Suara.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pria Wajib Hindari 5 Makanan ini, Karena Bisa Hambat Produksi Sperma - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.