Search

Kisah Sarimin Buka Warung Makan Dibayar Pakai Sampah Plastik - Kompas.com - KOMPAS.com

SEMARANG.KOMPAS.com - Ada yang mencuri perhatian saat hendak memasuki kawasan kompleks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Di sisi kiri, tak jauh dari jalan masuk, terlihat bangunan sederhana berukuran sekitar 4 x 7 meter berdiri berjajar di antara bangunan-bangunan kecil lainnya.

Di balik truk sampah berwarna merah yang sedang parkir di halaman depan, nampak lelaki paruh baya mengenakan kaos dan celana hitam, sepatu bot warna putih yang sudah lusuh serta topi berwarna merah.

Baca juga: Di Warung Ini Ngopi Bisa Bayar Pakai Sampah

Dengan sabar, lelaki bernama Sarimin (59) itu sedang memilah-milah sampah plastik untuk kemudian dimasukkan ke dalam karung.

Sarimin bersama istrinya Suyatmi (45) adalah penghuni bangunan yang telah dimanfaatkannya sebagai tempat tinggal sekaligus membuka warung makan di kawasan tersebut.

Namun, ada yang berbeda di antara deretan warung-warung lainnya, warung kecil berdinding tripleks dan beratapkan asbes itu mempunyai cara sendiri dalam berjualan yang terbilang unik.

Pembeli yang hendak makan atau minum di warung itu rupanya diwajibkan membayar dengan membawa sampah plastik dengan cara ditukar.

Sarimin bercerita, sejak tahun 2016 ia bersama sang istri telah membuka warung tersebut untuk melayani para pengepul atau pemulung yang memburu sampah plastik di area Kota Semarang.

"Sampah plastik bisa ditukarkan di warung untuk membeli makan dan minum. Jenis sampah plastiknya yang bisa didaur ulang. Seperti gelas plastik dan botol bekas air mineral, tas plastik bekas, dan yang lainnya," kata Sarimin saat ditemui Kompas.com, Minggu (3/11/2019) sore.

Awalnya, lanjut Sarimin, inisiatif pembelian makanan dengan sampah plastik ini dilakukan bersama Unit Pengelola Teknis (UPT) TPA Jatibarang untuk mengurangi beban sampah plastik yang sulit terurai. 

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
November 04, 2019 at 06:02AM
https://ift.tt/2Nafb9I

Kisah Sarimin Buka Warung Makan Dibayar Pakai Sampah Plastik - Kompas.com - KOMPAS.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Sarimin Buka Warung Makan Dibayar Pakai Sampah Plastik - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.