Search

Warga Desa Suka Maju Diganggu Lalat, Sebulan Sulit Tidur hingga Susah Makan - Suara.com

Suara.com - Keberadaan sebuah perusahaan di RT 1, Desa Suka Maju, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi Kilometer 13 membuat resah sebagian warga yang tinggal di perkampungan tersebut.

Keresahan muncul lantaran lokasi kandang ayam milik perusahaan itu mengundang bau dan lalat karena keberadananya dekat pemukiman warga. Setiap mempanen ayam, banyak lalat yang masuk ke rumah warga, bahkan warga mengaku tidak bisa tidur siang, tidak jadi makan dan merugikan pendapatan warga.

Hal ini dikatakan Eka, penjaga kantin Taman Kolam Pemancingan Telaga Manggis, ia mengatakan, Kandang ayam itu sudah ada bertahun-tahun, jaraknya pum cukup dekat. Setiap mau panen pasti lalat mengganggu pengunjung yang ada di sini.

“Biasanya 20 orang memancing di sini, semenjak ada lalat pengunjung jadi sepi. Bahkan kalau orang mau mesan makan di kantin, lihat ada lalat mereka tidak jadi mesan,” kata Eka, kepada Jambiseru.com--jaringan Suara.com saat ditemui di Taman Kolam Pemancingan Telaga Manggis, Kamis (6/2/2020).

Eka mengaku keberadaan lalat-lalat yang berterbangan itu sampai mengganggu warga beristirahat di rumah. Bahkan, menurutnya, warga sudah satu bulan kesulitan tidur siang karena banyak lalat yang hinggap di dalam rumah.

"Selama satu bulan itu kami tidak bisa tidur siang, karena lalat banyak di kasur,” kata dia.

Eka menambahkan, untuk mengurangi lalat yang ada, pihak perusahaan kandang ayam sudah memerintahkan agar karyawanya melakukan penyemportan dengan menggunakan nuvet plus. Namun, karyawan itu kadang menyeprotkannya ke pakan dan kolam ikan.

"Karyawannya kadang lalai, dia menyeprotkannya ke pakan kami, jadinya ikan kami ada yang mati, itu kan racun. Walaupun sudah di seprot, itu hanya untuk mengurangi bukan menghilangkan," kata dia.

"Kami tidak melaporkannya ke Instansi terkait, tapi langsung ke Perusahaannya. Kami sudah menegurnya berkali-kali, tapi yang tidak ada tanggapannya. Harapan kami perusahaam itu bisa mengerti lah dengan warga yang sudah resah."

Terpisah, Narti, yang merupakan pemilik kebun di daerah sana, mengatakan, lalat di sini memang banyak, saat pemilik kandang itu memasuki bibit dan di saat mau panen.

"Kami tidak bisa tidur siang dibuat lalat ini, dan bahkan tidak jadi makan, karena makanan dihinggapi lalat,” ucapnya.

Kata Narti, masing-masing perusahaan itu harus punya kesadaran. Apakah dia mementigan usaha sendiri atau orang banyak.

“Memang sih, jika ada lalat yang punya perusahaan itu di seprotnya, tapi jadilah ngurang-ngurangin saja, tidak menghilangkan,” ujarnya.

Sementara, Likin, selaku operator di perusahaan itu, mengatakan kepada Jambiseru.com, mengaku ada sebanyak 5 ribu ekor ayam yang ditaruh di kandang yang berjumlah 14 unit. Petugas baru melaksanakan pembersihan di belasan kandang itu karena sedang panen.

"Kami di sini hanya melakukan tugas, yang berhak menjawabnya Bapak Santoso, dia orang yang dipercaya di perusahaan ini. Saat ini dia sedang berada di luar. Jadi, kalau mau nanya tentang keresahan masyarakat Bapak lah yang tepat" katanya.

Likin mengaku, setiap sebelum dan sesudah panen, rumah-rumah warga pasti diseprot untuk menghilangkan lalat.

"Kami selalu menyeprotnya untuk menghilangkan lalat, tapi itu tadi soal warga resah Bapak lah yang menjawabnya," katanya.

Terkait hal itu, jurnalis Jambiseru.com, langsung menelepon Santoso, selaku orang kepercayaan. Namun, yang bersangkutan tak bisa ditemui hari ini dengan alasan sedang sibuk.

"Hari ini saya tidak bisa bertemu, coba besok ya kita ketemunya," kata Santoso.

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
February 06, 2020 at 06:23PM
https://ift.tt/2ug2cNc

Warga Desa Suka Maju Diganggu Lalat, Sebulan Sulit Tidur hingga Susah Makan - Suara.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Warga Desa Suka Maju Diganggu Lalat, Sebulan Sulit Tidur hingga Susah Makan - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.