Search

Cara Cegah Kantuk Setelah Makan - Merah Putih

PERNAHKAN kamu merasa lemas dan mengantuk setelah makan? Kebiasaan yang pernah dirasakan setiap orang ini disebut dengan food coma atau dalam bahasa ilmiah Postprandial Somnolence. Perasan lelah dan lesu akan dirasakan seseorang beberapa jam setelah makan. Pada kondisi tersebut, rasanya malas untuk melakukan sesuatu dan cenderung mengantuk.

Konon katanya, salah satu penyebab food com ialah makan dengan porsi besar. Namun, ada beberapa faktor yang melatarbelakanginya, termasuk nutrisi di dalam makanan tersebut. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat secara berlebihan.

Baca juga:

Jangan Minum ini Sebelum Tidur!

Disarankan untuk makan dengan porsi secukupnya saja. (Fot:o Unsplash/Carissa Gan)
Disarankan untuk makan dengan porsi secukupnya saja. (Foto: Unsplash/Carissa Gan)

Seorang dokter sekaligus pendiri Pusat Kesehatan Kellman, Raphael Kellman, mengatakan bahwa beberapa makanan dapat menyebabkan rasa kantuk. Seperti makanan olahan, makanan yang memiliki banyak gula dan karbohidrat olahan dapat menyebabkan kadar glukosa naik dan kemudian turut dengan cepat.

“Saat itulah kamu dalam keadaan food coma dan merasa sangat tidak enak, lesu, pusing, berkabut, dan tidak dapat berpikir jernih,” tuturnya seperti dilansir dari laman Good House Keeping.

Food coma harus dicegah sebelum bahaya terjadi. Oleh sebab itu, simak beberapa tips agar tidak mengalami food coma.

1. Makan dalam porsi kecil

Sebaiknya imbangi dengan makanan yang mengandung protein tinggi. (Foto: Pixabay/RitaE)
Sebaiknya imbangi dengan makanan yang mengandung protein tinggi. (Foto: Pixabay/RitaE)

Para peneliti menemukan makan dalam jumlah besar cenderung memicu food coma. Selain itu, sebagian besar ahli sepakat makanan padat mampu menyebabkan perasaan kantuk setelah makan. Sebaiknya, konsumsilah makanan dengan porsi kecil dan sertakan makanan berkuah. Misalnya, sup dan sandwich ukuran kecil atau smoothie dengan telur rebus.


2. Tidur cukup

Jangan makan berlebihan dan tidur yang cukup (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Jangan makan berlebihan dan tidur yang cukup (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Jika kamu berencana untuk mengemudi setelah makan, pastikan memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang berkendara setelah makan besar cenderung merasakan kantuk yang lebih parah. Artinya, jika pengemudi sudah mengantuk, maka makan besar akan membuatnya lebih parah.

Baca juga:

Ini Dampak yang Terjadi Jika Kamu Kelebihan Asupan Vitamin C

Seimbangkan makronutrien (Foto: Pixabay/RitaE)
Seimbangkan makronutrien (Foto: Pixabay/RitaE)

Para peneliti mengatakan makanan berlemak cenderung membuatmu cepat mengantuk setelah makan. Berbeda halnya ketika kita mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat moderat dengan porsi kecil. Maka, kemungkinan untuk mengalami food coma akan lebih kecil.

4. Aktif setelah makan

Aktif setelah makan (Foto: Pixabay/congerdesign)
Aktif setelah makan (Foto: Pixabay/congerdesign)


Sebaiknya setelah makan, lakukan beberapa aktivitas seperti jalan kaki atau aktivitas ringan lainnya. Tujuannya agar menstimulasi otot dan membuatmu merasa lebih baik setelah mengonsumsi kalori dengan jumlah besar. Selain itu juga mampu membuatmu merasa lebih segar setelah merasakan food coma. (And)

Baca juga:

Masih Suka Begadang? Hati-Hati Otak Bisa Memakan Selnya Sendiri!

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
February 08, 2020 at 09:35PM
https://ift.tt/2vjqC8l

Cara Cegah Kantuk Setelah Makan - Merah Putih
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Cegah Kantuk Setelah Makan - Merah Putih"

Post a Comment

Powered by Blogger.