Search

Unik! Makan di Warung Ini Bayarnya Pakai Sampah Plastik - ayosemarang.com

MIJEN, AYOSEMARANG.COM -- Biasanya, orang akan membayar dengan uang usai menyantap makanan di kantin atau warung makan. Namun hal tersebut tampaknya tak berlaku di salah satu warung makan di Semarang ini.

Benar adanya. Di Warung Pojok Mbah Min, siapa saja boleh menyantap masakan warung miliknya hanya dengan membayar dengan sampah plastik.

AYO BACA : Hari Ini Kota Semarang Ditemani Cuaca Berawan, Diprediksi Hujan di Beberapa Titik

"Siapa saja boleh makan. Di sini mbayarnya dengan sampah plastik, nggak pakai uang," ujar Sarimin pemilik warung yang letaknya tak jauh dari gapura masuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang ini kepada ayosemarang.com, Jumat (201/2/2019).

Sarimin menceritakan, dirinya dan istrinya, Suyatmi membuka warung tersebut di awal Januari 2016. Awalnya, dia dan istrinya berbincang dengan kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) saat itu tentang pengurangan sampah di TPA Jatibarang. Usai pembicaraan tersebut dirinya langsung membuat warung dengan sampah plastik sebagai media bayarnya.

AYO BACA : PT Indonesia Power Gelar Media Gathering di Kota Lama

"Awalnya juga kita buka warung buat makan para pemulung dan pengepul yang ada di Jatibarang ini. Pertama buka ya sepi, satu dua minggu agak kesulitan karena saya kan juga harus beli sembako dan keperluan lainnya. Tapi lama kelamaan banyak pemulung yang ke sini untuk makan," imbuhnya.

Untuk pembayaran, biasanya pemulung membawa sedikitnya 20 kilogram sampah plastik daur ulang untuk sekali makan dengan total Rp20 ribu. Dengan nominal tersebut, pemulung bisa mendapatkan makan dan minum di warungnya.

"Terkadang kalau si pemulung habis Rp14 ribu. Saya yang nomboki Rp6 ribu. Jadi nggak mesti, kadang makan minum sama rokok cuman habis Rp17 ribu. Sisanya Rp 3 ribu saya berikan ke pemulung lagi," ungkap pria yang dulu juga bekerja sebagai pemulung tersebut.

Ia menerangkan, di dalam warungnya, terdapat beberapa menu makanan yang bisa di pilih oleh pembeli. Seperti aneka menu rames, lauk pauk, dan berbagai minuman sachet.

"Alhamdulillah mas, dari awal cuman 15 orang pemulung yang jajan di sini, sekarang sudah ada kalau 40 sehari. Dari situ saya bisa mengumpulkan sampah plastik daur ulang hingga kurang lebih 500 kilogram. Kalau pas momen-momen tertentu malah bisa 1 ton. Lumayan lah buat ngurangi sampah plastik," tukasnya.

AYO BACA : Beprestasi, Awak Mobil Tangki Diberangkatkan Umroh

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
December 20, 2019 at 03:15PM
https://ift.tt/374hNNF

Unik! Makan di Warung Ini Bayarnya Pakai Sampah Plastik - ayosemarang.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Unik! Makan di Warung Ini Bayarnya Pakai Sampah Plastik - ayosemarang.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.