Search

Mengapa Anda Masih Merasa Lapar setelah Makan - Medcom ID

Jakarta: Setelah makan, terutama dalam porsi yang cukup besar tentu akan membuat Anda merasa kenyang. Akan tetapi apa yang terjadi jika setelah Anda makan, Anda tetap merasa lapar? Bahkan Anda merasa bahwa makanan yang dikonsumsi tidak pernah cukup untuk membuat Anda kenyang.
 
Dilansir dari refinery29, alasan mengapa Anda merasa lapar meskipun sudah makan bukanlah karena porsi yang kurang tetapi ada hubungannya dengan kondisi perut Anda seperti berikut ini:
 
Komposisi makanan yang tidak seimbang

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemungkinan besar Anda tidak mengonsumsi makanan seimbang," kata Mascha Davis, RDN, pendiri Nomadista Nutrition.
 
Mungkin saja karena terlalu sedikit kalori, atau kekurangan makanan berserat tinggi seperti biji-bijian dan sayuran, lemak sehat seperti alpukat atau kacang-kacangan, atau protein seperti kacang atau daging tanpa lemak. Nutrisi tersebut memainkan peran yang berbeda dalam membuat Anda kenyang, jadi jika kekurangan salah satunya mungkin Anda akan selalu merasa lapar.
 
Anda makan makanan yang cepat dicerna
 
Davis mengatakan bahwa beberapa makanan dicerna dengan cepat, seperti karbohidrat olahan. "Mereka membuat gula darah Anda naik dengan cepat, dan turun dengan cepat dan efeknya dapat membuat Anda merasa lapar, meskipun Anda sudah makan cukup," kata Davis. 
 
Untuk menghindari hal ini, ada baiknya Anda menambahkan makanan yang dicerna lebih lambat seperti biji-bijian dan sayuran. 
 
Anda kekurangan protein
 
Davis mengatakan bahwa salah satu alasan utama kliennya masih merasa lapar adalah karena mereka tidak makan cukup protein. Makanan kaya protein membantu mengurangi kadar hormon ghrelin, yang membuat Anda merasa lapar. Kacang-kacangan, tahu, dan ayam adalah sumber yang baik untuk protein.
 
Anda kurang minum air putih 
 
Dehidrasi dapat menyebabkan gejala yang sama seperti rasa lapar. Menurut laporan Journal of Natural Science, Biology, and Medicine, sekitar 50 orang diminta minum 0,5 liter air 30 menit sebelum makan. Dan setelah delapan minggu, para peserta melaporkan merasa kurang lapar secara keseluruhan.
 
Anda membayangkan dessert 
 
Rasa lapar yang Anda rasakan mungkin disebabkan karena keinginan Anda untuk makan dessert sebagai pelengkap. Oleh karena itu, mengonsumsi dessert dalam jumlah cukup masih diperbolehkan untuk menambah kepuasan Anda setelah makan makanan berat.
 

 

(YDH)

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
December 25, 2019 at 06:04AM
https://ift.tt/2ERmA8Q

Mengapa Anda Masih Merasa Lapar setelah Makan - Medcom ID
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengapa Anda Masih Merasa Lapar setelah Makan - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.