Search

Tak Mau Banyak Makan? Ini Cara Mudah Kontrol dengan Pikiran - Suara.com

Suara.com - Tak Mau Banyak Makan? Ini Cara Mudah Kontrol Dengan Pikiran.

Makanan menjadi salah satu faktor penentu berat badan. Karenanya, mengontrol jadwal dan jumlah makan jadi fokus utama saat melakukan diet.

Tapi, sebenarnya tubuh manusia secara alami memang memiliki kemampuan untuk mengontrol nafsu makan. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito Damay menjelaskan bahwa setiap otak manusia memiliki pusat kesenangan.

Bagian itu lah yang bertugas mengontrol rasa kenyang juga puas terhadap makanan. Namun, otak membutuhkan waktu untuk mengirim sinyal kenyang.

Ilustrasi diet. (Shutterstock)
Ilustrasi diet. (Shutterstock)

"Otak kita perlu waktu 20 menit untuk mengirim rasa kenyang, rasa enak. Kalau udah 20 menit tuh rasanya kaya udah lah, udah puas," tutur Vito saat siaran langsung diakun Instagram pribadinya, Rabu (15/4/2020).

Hal itu, yang menurut Vito terjadi ketika kita memesan makanan tambahan, namun terasa kenyang saat makanan itu datang. Oleh karenanya, proses saat makan harus dirasakan dengan benar agar sinyal yang disampaikan tepat waktu.

"Supaya kita enggak banyak makan itu makan di awal harus dirasain, lihat baik-baik. Jangan makan sambil nonton, nanti enggak berasa," ucapnya.

Hal ini yang menurut Praktisi Kesehatan dan Ahli Nutrisi Makrobiotik Shilpa Arora ND sebagai mindfull eating atau makan dengan penuh perhatian. Mindful Eating ini erat kaitannya dengan konsep Buddhis 'Mindfulness'.

Seperti dilansir dari NCTV Food, makan dengan penuh perhatian mirip dengan bentuk meditasi yang membantu seseorang mengenali sensasi fisik dan emosi mereka dan mengarahkan mereka untuk mencapai keseimbangan antara 'apa yang diinginkan tubuh' dan 'apa yang dibutuhkan tubuh'.

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menekan nafsu makan, kata Vito, dengan minum air terlebih dahulu sebelum makan.

"Supaya lambung kita udah kenyang duluan pas kasih sinyal nanti," ucapnya.

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
April 16, 2020 at 06:05AM
https://ift.tt/3epjMAu

Tak Mau Banyak Makan? Ini Cara Mudah Kontrol dengan Pikiran - Suara.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Mau Banyak Makan? Ini Cara Mudah Kontrol dengan Pikiran - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.