Search

Hati-hati, Deretan Makanan Ini Bisa Memperburuk Stres! - Suara.com

Suara.com - Pakar nutrisi dari Australia, F45, mengungkapkan daftar makanan yang harus dihindari saat Anda stres dan juga makanan yang seharusnya Anda konsumsi lebih banyak untuk menaikkan mood selama pandemi Covid-19.

"Jika Anda sering merasa stres dan cemas, hal tersebut bisa berdampak negatif pada asupa nutrisi Anda. Saat stres seperti ini, beberapa orang mungkin lebih memilih comfort food yang tinggi gula dan tinggi lemak," tulis F45 dalam blog-nya.

Dikutip dari Daily Mail, tidak ada makanan super yang bisa menyembuhkan stres dan kecemasan. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan mood dan fungsi pencernaan yang bisa berdampak positif pada kesehatan.

Oleh karena itu, hindari terlebih dahulu makanan berikut ini jika Anda sedang merasa stres:

1. Makanan tinggi gula

Banyak orang beralih ke makanan-makanan tinggi gula seperti cokelat atau makanan cepat saji saat merasa stres, karena makanan ini memberikan kelegaan sementara dari rasa cemas.

Akan tetapi, makanan tinggi gula tidak ideal untuk mengelola stres jangka panjang, karena justru dapat memperpanjang stres dan kecemasan.

2. Terlalu banyak kafein

Minum terlalu banyak kopi dapat berdampak negatif pada performa, kesehatan, dan mood secara keseluruhan. Selain itu bisa memperburuk stres atau kecemasan apabila terlalu banyak dikonsumsi dan menyebabkan sakit kepala.

3. Minum alkohol berlebihan

Di sisi lain, alkohol adalah salah satu antidepresan yang diandalkan banyak orang usai hari yang panjang atau setelah bergelut dengan emosi.

Padahal, sama seperti kafein, alkohol dapat memperburuk stres dan bahkan merusak pola tidur, diet, dan kesehatan. Sebaiknya batasi asupan alkohol dan kafein apabila Anda berusaha mengelola stres.

Sebagai gantinya, konsumsilah makanan-makanan berikut ini:

1. Makanan yang difermentasi

Orang kerap melupakan pentingnya makanan yang difermentasi dan kaitannya akan kesehatan pencernaan dan mental. Mengonsumsinya secara rutin, seperti yoghurt tanpa pemanis, kombucha, dan kimchi, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan mood Anda.

2. Makanan nabati

Mengonsumsi makanan bersumber nabati sangat baik untuk meningkatkan mood sekaligus menurunkan berat badan. Misalnya gandum utuh yang mengandung banyak asam amino yang meningkatkan hormon bahagia serotonin.

Makanan lain seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan juga merupakan sumber vitamin B dan C terbaik.

3. Makanan dalam jumlah porsi kecil

Bagi Anda yang kehilangan nafsu makan saat stres, pakar menyarankan untuk makan dalam porsi kecil atau dalam bentuk camilan lebih sering ketimbang makan sekaligus dalam porsi besar.

Dengan makan porsi kecil dan sehat, Anda bisa memberikan tubuh nutrisi yang dibutuhkan tanpa merasa kenyang dalam satu waktu. Menyiapkan camilan yang mudah dikonsumsi seperti smoothies, adalah cara yang baik untuk mendapatkan banyak nutrisi.

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
April 16, 2020 at 12:43PM
https://ift.tt/3eowOy4

Hati-hati, Deretan Makanan Ini Bisa Memperburuk Stres! - Suara.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hati-hati, Deretan Makanan Ini Bisa Memperburuk Stres! - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.