Search

Benarkah Makan Apel Setelah Makan Nasi Bisa Menganggu Perut? - Bobo

Bobo.id – Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Buah kaya akan vitamin dan mineral, ada juga yang bisa mengenyangkan dan ada yang mengandung banyak air.

Sebaiknya, kita mengonsumsi buah setiap hari agar nutrisi tubuh semakin lengkap, teman-teman.

Ada orang yang suka mengonsumsi buah sebelum makan, ada yang juga yang mengonsumsi buah setelah makan.

Nah, ada pendapat yang menyebutkan bahwa buah apel sebaiknya tidak dikonsumsi setelah makan nasi.

Sebenarnya, aturan tentang waktu makan buah ini yang betul bagaimana, ya?

Baca Juga: Sarapan Jadi Waktu Makan Terpenting, tapi Dulu Sarapan Justru Dihindari

Makan Apel Setelah Makan Nasi

Ada pendapat yang menyebutkan bahwa makan buah apel setelah makan nasi bisa menyebabkan perut kembung, gangguan pencernaan, dan sembelit.

Karenanya, sebaiknya seseorang menunggu setidaknya setengah jam setelah makan nasi untuk kemudian makan apel.

Makan apel setelah makan malam juga lebih disarankan menunggu dua jam lebih dulu, agar asam yang ada di dalam buah apel tidak menambah keasaman dalam perut.

Benarkah Makan Buah Lebih Baik dalam Keadaan Perut Kosong?

Ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa kandungan serat dalam buah memang bisa memperlambat pergerakan makanan dari lambung. Namun ini tidak menyebabkan gas di perut, teman-teman.

Pendapat ini menyebutkan bahwa melambatnya proses pencernaan karena serat juga baik karena bisa membuat kita kenyang lebih lama, sehingga mencegah kita mengonsumsi kalori yang berlebihan.

Organ di perut kita juga didesain untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang mungkin membuat makanan membusuk. Ini karena di dalam lambung ada asam lambung yang pH nya sangat rendah sehingga tidak bisa ditinggali sebagian besar bakteri.

Sehingga, makan buah sebenarnya tidak harus dalam keadaan perut kosong, karena makan buah setelah makan berat tidak membuat perut kembung atau tidak nyaman.

Baca Juga: Sulit Tidur atau Tidak Nyenyak? Coba Makan Buah-buahan Ini

Makan Buah Setelah Makan Berat

Ada ahli yang tidak menyarankan makan buah setelah makan, karena makanan jadi tidak tercerna dengan sempurna sehingga nutrisinya tidak terserap sempurna juga.

Karenanya, disarankan agar kita memberi jarak setidaknya 30 menit antara makan berat dan makan buah.

Menurut situs NDTV Food, mengonsumsi buah sebelum makan lebih baik karena bisa mencegah kita makan berlebihan saat makan karena kita menambah asupan serat. Serat dari buah juga membuat kita kenyang lebih lama.

Saat kita makan, lambung kita hanya melepaskan makanan ke organ pencernaan sedikit demi sedikit supaya mudah dicerna. Usus kecil juga bisa menyerap nutrisi dari makanan dengan maksimal.

Menurut penelitian, usus punya kemampuan menyerap dua kali lipat nutrisi dari rata-rata nutrisi yang diserap seseorang setiap harinya.

Kemampuan organ pencernaan menyerap nutrisi dari makanan berat dan buah dengan sama baiknya meski buah dimakan sebelum atau setelah makan.

Sehingga menurut situs Healthline, kita bisa makan buah kapan saja, teman-teman. Baik pagi maupun sore hari, sebelum makan atau setelah makan.

Namun, teman-teman mungkin perlu lebih teliti memilih buah dan mencari tahu seputar kandungan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Kandungan buah ini juga bisa membantu kita mengetahui waktu yang baik untuk makan buah, misalnya buah yang asam sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang diare.

Baca Juga: Asal Usul Tradisi Natal Saling Memberi Buah Apel di Tiongkok

Yuk, lihat video ini juga!

Video Pilihan

PROMOTED CONTENT

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
January 13, 2020 at 04:30PM
https://ift.tt/35N9QuY

Benarkah Makan Apel Setelah Makan Nasi Bisa Menganggu Perut? - Bobo
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Benarkah Makan Apel Setelah Makan Nasi Bisa Menganggu Perut? - Bobo"

Post a Comment

Powered by Blogger.