Search

Masih di Rumah Aja? Jangan Lupa Coba 10 Makanan Antigemuk Ini - ayobandung.com

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kebiasaan di rumah aja membuat kita selalu ingin makan apa pun ditambah jarang melakukan aktivitas fisik. Wajar saja kalau badan bisa lebih mudah gemuk.

Jika memang punya hobi makan tapi tak mau tambah gemuk selama mana karantina ini, kuncinya pintar-pintar memilih makanan. Berikut makanan yang bisa mencegahmu mengalami kenaikan berat badan selama masa karantina, seperti dilansir dari situs Medical Daily.

1. Jeruk Bali

Makan setengah porsi jeruk Bali sebelum makan bisa membantumu menurunkan berat badan. Ini setara dengan minum jus tiga kali sehari.

Jeruk Bali mengandung phytochemical yang dapat mengurangi kadar insulin dan merangsang tubuh untuk mengubah kalori menjadi energi daripada menyimpannya sebagai lemak.

2. Kayu manis

Sebagai rempah yang meningkatkan imunitas dan metabolisme, kayu manis adalah pilihan yang bagus karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Kayu manis membantu menurunkan berat badan dengan mengendalikan lonjakan insulin setelah makan dan mengurangi rasa lapar.

Kamu tidak perlu mengkonsumsi banyak kayu manis untuk mendapatkan manfaatnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya seperempat sendok teh diperlukan setiap hari untuk menurunkan kadar gula, trigliserida, dan kolesterol darah.

3. Cabai

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan cabai sebagai bagian dari menu sarapan bisa membuatmu memilih porsi makan siang yang lebih sedikit.

Cabai juga mengandung capsaicin yang memiliki sifat menekan nafsu makan. Jangan langsung dimakan ya, kamu bisa olah menjadi sambal kok!

4. Teh Adas

Teh adas mengandung magnesium, kalium, kalsium, serta vitamin B dan C. Teh ini juga membantu menurunkan berat badan khususnya menekan nafsu makan dan juga meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Salad

Salad yang kaya dengan sayuran hijau memang dikenal rendah kalori dan sering dimasukan sebagai menu untuk menurunkan berat badan sekaligus menambah asupan sayuran harian.

Tapi jangan terlalu banyak menambahkan mayonaise karena mengandung gula tambahan. Kalau kamu ingin topping yang lebih rendah kalori, kamu bisa mengganti mayonaise dengan minyak zaitun atau cuka balsamic.

6. Teh hijau

Teh hijau kaya akan manfaat kesehatan termasuk manfaat penurunan berat badan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Nutrition menemukan bahwa minum lima cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu mengurangi dua kali berat.

7. Seledri

Makan seledri membantu membakar lebih banyak kalori. Seledri juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Seledri juga akan serat yang baik untuk pencernaan dan folat yang bisa membantu pertumbuhan sel dan kesehatan. Kamu bisa olah seledri menjadi jus!

8. Kacang-kacangan

Jika kamu vegetarian atau vegan, maka akan menemukan lentil sebagai pengganti daging yang mampu memberi semua manfaat daging tanpa tambahan kalori dan lemak. Seperti seledri, lentil juga mengandung banyak serat dan folat.

9. Cokelat hitam

Meskipun tidak rendah kalori dan lemak, cokelat hitam terasa lebih sulit dikunyah dalam jumlah banyak dibandingkan cokelat susu.

Selain itu, cokelat hitam juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan.

10. Biji gandum

Biji gandum kaya akan protein tinggi yang bisa membantumu merasa kenyang lebih lama.

Dibandingkan dengan karbohidrat yang ada dalam nasi putih atau pasta, karbohidrat pada biji gandum lebih lambat dicerna.

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
April 17, 2020 at 08:30AM
https://ift.tt/2wPCJvg

Masih di Rumah Aja? Jangan Lupa Coba 10 Makanan Antigemuk Ini - ayobandung.com
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Masih di Rumah Aja? Jangan Lupa Coba 10 Makanan Antigemuk Ini - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.