Search

105 Karyawan Pabrik Diduga Keracunan Usai Makan Sajian Katering di Sleman - detikNews

Sleman - Karyawan pabrik garmen di Sleman yang diduga keracunan makanan kini menjadi 105 orang. Kini 101 orang di antaranya sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit dan empat lainnya masih dirawat di RS Panti Nugroho Sleman.

"101 orang yang diduga keracunan sudah boleh pulang, dua orang masih diobservasi dan ini ada dua orang yang masuk baru lagi. Masih empat di sini," jelas Direktur RS Panti Nugroho, dr Tandean, di RS Panti Nugroho Sleman, Kamis (5/12/2019).

Tandean menerangkan, para karyawan mulai berdatangan ke RS Panti Rapih Sleman sekitar pukul 13.00-13.30 WIB. Setelah dirawat petugas medis, berangsur-angsur kondisi mereka membaik.

"Kondisinya sudah membaik, sudah tanda hijau artinya boleh pulang. Kalau tadi keluhannya mual, muntah, pusing kebanyakan. Sudah ditangani juga dan sudah mendapatkan obat," paparnya.

Petugas medis RS Panti Nugroho, kata Tandean, tak bisa memastikan penyebab ratusan karyawan pabrik garmen itu keracunan. Menurutnya, yang berwenang memberikan keterangan lebih lanjut ialah Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

Direktur RS Panti Nugroho, dr Tandean.Direktur RS Panti Nugroho, dr Tandean. Foto: Usman Hadi/detikcom

"Saya enggak bisa (memastikan) karena itu (wewenangnya) Dinas Kesehatan (Sleman). Maka saya bilang diduga (keracunan) karena saya belum tahu, coba tanya dinas saja," pungkas dia.

Mayoritas para korban mengeluh mengalami pusing, mual dan muntah setelah memakan hidangan katering dari kantor.


"Pasien rata-rata datang dengan keluhan pusing, mual dan muntah. Tapi rata-rata kondisi pasien sampai di sini cukup baik dan kami segera memberikan penanganan pertama sesuai dengan keluhan pasien," jelas dokter umum RS Panti Nugroho, dr Lilyana.

Salah seorang korban, Eva Dermita bercerita bahwa dia dan teman-temannya menyantap ikan tongkol dan sayur pepaya sebelum merasakan sakit perut.

"Tadi makan ikan tongkol sama sayur kates (pepaya). (Kemudian bereaksi) sekitar satu jam-an," kata Eva.

105 Karyawan Pabrik Keracunan Usai Makan Sajian Katering di Sleman Eva Dermita. Foto: Usman Hadi/detikcom

Menurut Eva, setelah menyantap makanan katering itu badannya terasa gatal, kepalanya pusing, perutnya mual hingga akhirnya muntah-muntah. Tak hanya itu, Eva juga sempat pingsan di kantor.

"Sempat pingsan tadi jam 13.30 WIB. Setelah makan siang, terus kita masih bekerja seperti biasa terus ngerasa pusing, ngerasa panas, terus turun ke bawah mau minta obat, tapi langsung muntah," terangnya.

Sama seperti Eva, korban lainnya yakni Yuni, juga mengeluhkan pusing, mual dan muntah. Bedanya makanan yang disantapnya adalah ikan jenis pindang yang terasa pahit saat di mulut.

"Tadi (makan) pindang di nasi bungkus dari katering. Setelah 30 menit terasa pusing, awalnya pusing. Tadi pindangnya itu agak-agak pahit gimana gitu. Teman-teman juga ngerasain agak gimana gitu," sebutnya.
(ush/sip)

Let's block ads! (Why?)



"makan" - Google Berita
December 05, 2019 at 06:32PM
https://ift.tt/384Rh7T

105 Karyawan Pabrik Diduga Keracunan Usai Makan Sajian Katering di Sleman - detikNews
"makan" - Google Berita
https://ift.tt/2Pw7Qo2

Bagikan Berita Ini

0 Response to "105 Karyawan Pabrik Diduga Keracunan Usai Makan Sajian Katering di Sleman - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.